27 August 2013

Mahluk Yang Mampu Merubah Wujud

Taopik Hidayat_27 August 2013

Perubahan Wujud (Shapeshifting) adalah tema yang paling umum yang dijumpai dalam cerita-cerita rakyat ataupun Mythology. Banyak dari mahluk legendaris dari cerita Mythology yang memiliki kemampuan ini yang dapat mentransformasi bentuk tubuh mereka kedalam bentuk lain.

Hal ini dilakukan untuk mengelabui, mengintai, berburu dan membunuh manusia.Sepanjang sejarah banyak kasus-kasus pembunuhan yang dikaitkan dengan mahluk-mahluk tersebut. Dan inilah beberapa Mahluk yang mampu merubah wujudnya


Add caption
Leshy
Leshy merupakan roh hutan berbentuk pria dalam mythology Slavia yang dipercaya sebagai pelindung binatang liar dan hutan.

Mereka biasanya tampak dalam wujud seorang lelaki tinggi tetapi memiliki kemampuan untuk merubah ukuran dan merubah wujud ke dalam bentuk binatang ataupun tanaman.

Leshy memiliki jenggot yang terbentuk dari rumput atau tanaman merambat dan sering digambarkan memiliki kuku ekor dan tanduk.

Leshy memiliki kulit putih pucat dan bola mata berwarna hijau tua. Leshy adalah raja hutan dan memiliki hubungan yang dekat dengan serigala abu-abu, beruang dan semua hewan.

Leshy jika terlihat dalam wujud manusia ia akan terlihat seperti seorang petani biasa namun memiliki mata yang bersinar.

Mahluk ini dapat mengecilkan tubuhnya hingga setinggi rumput atau tumbuh besar seukuran pohon yang tertinggi. Sering diyakini bahwa Leshy akan membuat orang tersesat di hutan, membuat orang sakit bahkan mengakibatkan kematian.

Mahluk ini sangat nakal bahkan memiliki suara yang sangat mengerikan namun ia juga dapat menirukan suara manusia yang membuat orang yang berada di hutan meninggalkan tempat peristirahatan mereka. Mereka pada dasarnya tidak begitu jahat namun suka menggoda manusia dan menculik wanita muda.

Add caption
Selkie
Selkie bukanlah Mermaid (putri duyung), Selkie dikenal di kep Faroe, Islandia, Irlandia dan Skotlandia Mythology. Mereka dapat mengubah diri mereka dari bentuk anjing laut menjadi seperti manusia.

Mereka dapat mengubah diri mereka setelah mereka melepaskan kulit anjing laut mereka namun sebuah usaha yang berisiko sebab mereka harus menunggu kulit tersebut kembali tertutup apabila mereka ingin kembali dalam bentuk anjing laut.

Mereka hanya diizinkan melakukan kontak dengan manusia hanya dalam jangka waktu yang pendek sebelum mereka harus kembali ke laut.

Dalam banyak kasus menurut cerita bahwa seringkali pria telah jatuh cinta pada Selkie, Ada sebuah kisah dimana seorang manusia menyembunyikan kulit Selkie tersebut supaya mencegah mereka kembali dalam bentuk anjing laut.

Selky Laki-laki berwujud sangat tampan dalam wujud manusia dan memiliki kemampuan yang sangat hebat dalam merayu wanita. Sementara jika seorang pria menemukan dan menyembunyikan kulit Selkie maka Selkie tersebut akan berada dibawah kontrol sang pria dan seringkali dipaksa untuk menjadi istri.

Mahluk ini seringkali juga memikat manusa dengan menciptakan ilusi yang membuat manusia meloncat kedalam laut

Add caption
Berseker
Berseker merupakan sebuah grup pasukan Viking, mereka merupakan manusia namun didalam pertempuran kemarahan mereka menjadikan mereka tidak terkendali (kisah Hulk mungkin terinspirasi dari Myth Berseker) yang dapat membuat mereka berubah menjadi srigala, beruang ataupun banteng liar.

Sebutan ini mungkin berasal dari bahasa Inggris yakni Berserk. Para Berseker ini disebutkan mengenakan pakaian dari bulu beruang atau srigala yang memungkinkan mereka dapat bertransformasi secara penuh pada saat yang dianggap oleh mereka perlu.

Ciri-ciri mereka adalah bermata merah, kekuatan dan daya tahan yang luar biasa. Beberapa raja Skandinavia disebutkan mempekerjakan atau menyewa para Berseker menjadi tentara mereka atau juga menjadi pengawal pribadi sang raja.

Perilaku serupa ditunjukkan dalam kisah Iliad, dimana para kesatria memiliki kekuatan maupun kemampuan yang super.

Add caption
Encantado
Encantado merupakan mahluk legendaris di kebudayaan Brasil, mereka hidup dialam bawah air yang bernama Encante.

Disebutkan mereka sering dilihat dalam bentuk lumba-lumba air tawar ataupun bentuk ular laut yang memiliki kemampuan untuk berubah wujud menjadi manusia.

Karekteristik mereka adalah kemampuan mereka yang luar biasa dibidang musik, penggoda dan mampu menarik perhatian banyak orang.

Perubahan wujud mereka kedalam bentuk manusia sangatlah langka, dan biasanya selalu terjadi pada malam hari. Pada saat berwujud manusia mereka akan selalu mengenakan topi untuk menyembunyikan dahi mereka yang menonjol, hal tersebut tidak dapat mereka hilangkan saat berubah wujud dan mereka seringkali menampilkan kekuatan magis seperti kekuatan mereka untuk mengendalikan badai atau untuk menghantui manusia.

Mereka memiliki teknik mengontrol pikiran dan dapat menimbulkan berbagai penyakit yang berupa kegilaan yang berujung pada kematian. Banyak penduduk desa di Brasil tidak akan pergi ke Sungai Amazon pada malam hari karena mereka percaya akan ada nya Encantado dan mengklaim bahwa mereka pernah melihat mahluk tersebut dan berinteraksi dengan mereka.

Add caption
Vampir.
Vampire merupakan mahluk paling terkenal dan melegenda, mahluk ini disebutkan hidup dari meminum darah manusia atau hewan.

Sulit untuk membuat deskripsi yang pas untuk mahluk ini, walaupun biasanya dilaporkan penampilan mereka. Mereka dapat berubah bentuk dengan mengambil bentuk manusia ataupun kelelawar.

Vampir biasanya digambarkan sebagai mayat hidup walau banyak juga kebudayaan mereka adalah mahluk hidup, dimulai pada abad ke-19 kisah fiksi modern menggambarkan mereka sebagai mahluk kurus dan pucat.

Dimasa itu tahayul mengenai Vampir telah menyebabkan kepanikan masal. Hal ini berimbas pada banyaknya korban berjatuhan akibat dituduh sebagai Vampir.

Banyak terjadi kekerasan dan perlakuan tidak adil terhadap orang-orang yang tidak bersalah yang dianggap sebagai Vampir. Dilain pihak banyak juga tindakan pembunuhan yang dikaitkan dengan tindakan yang dilakukan oleh Vampir, mereka dikenal meneror lingkungan mereka dan merayu para korban mereka sebelum menggigit leher para korbannya dan menghisap darahnya.

Vampir juga disebutkan sering berkunjung kekediaman keluarga mereka atau kekasih mereka. Vampir sangat ahli dalam kamuflase dan penyamaran. Salah satu kasus terkenal dari korban Vampir adalah kasus Mercy Brown seorang gadis berusia 19 tahun yang tewas di Exeter, Rhode Island pada tahun 1892.

Add caption
Lycanthrope/Werewolf.
Lycanthrope ataupun Werewolf adalah mahluk mythology dimana manusia berubah menjadi srigala saat bulan purnama tiba.

Mereka dapat menularkan manusia lainnya menjadi lycan melalui gigitan, semua perubahan wujud manusia menjadi srigala ini selalu diasosiakan dengan bulan purnama.

Mythology Lycanthropy ini berawal dari eropa, namun banyak catatan dizaman kuno yang menceritakan tentang manusia serigala.

Para Manusia Srigala ini memiliki kekuatan manusia super dengan penciuman yang sangat tajam, jauh melampaui kemampuan manusia maupun srigala itu sendiri.

Dizaman dahulu untuk memeriksa apakah seseorang itu Lycan dengan cara memotong daging mereka hingga kebawah kulit untuk melihat apakah ada terdapat bulu-bulu dibawahnya atau melihat kebawah lidah seseorang apakah terdapat tumbuh bulu disekitar area tersebut.

Pada saat mereka kembali berubah wujud menjadi manusia mereka akan melemah. Pada abad ke-20 di Eropa dilaporkan banyak terjadi kematian manusia akibat serangan serigala, namun tidak diketahui apakah itu serangan serigala asli atau serigala jadi-jadian.

Bagikan Artikel Ke Sosial Media


Artikel Terkait lainya tentang :

0 Comments

Silahkan berkomentar sesuai tema posting di atas. Komentar jorok, spam, atau tidak relevan, akan kami hapus secara permanen.