13 September 2013

Kisah Penyamun Budiman Robin Hood

Taopik Hidayat_13 September 2013

Robyn Hode atau yang lebih dikenal dengan nama Robin Hood adalah penjahat heroik dalam cerita rakyat Inggris, seorang ksatria yang sangat terampil sekali dalam memanah.
Meski perilaku seperti itu bukan bagian dari karakter aslinya, Namun awal abad ke-19 ia dikenal sebagai "perampok para orang kaya dan memberikan hasil rampokanya kepada orang miskin", dibantu oleh sekelompok penyamun yang dikenal dengan nama "Merry Men".

Menurut cerita, Robin Hood dan anak buahnya digambarkan selalu mengenakan Lincoln atau pakaian hijau.
Robin Hood menjadi sosok yang amat populer dalam periode abad pertengahan, terus sampai ke sastra modern, film dan televisi.

Robin Hood statue inNottingham
Dalam cerita moderen, Robin Hood dan kelompoknya "merry men" biasanya diceritakan hidup di pedalaman Sherwood Forest, di Nottinghamshire.
Begitu juga seperti yang terdapat dalam puisi Robin Hood, pada baris pertama tertulis:
" Robyn Hode di scherewode stod"

Namun, gambaran keseluruhan dari balada awal hidupnya menunjukkan bahwa Robin Hood mungkin hidup di Barnsdale daerah yang sekarang South Yorkshire (yang berbatasan Nottinghamshire).

Catatan sejarah Inggris menunjukkan, bahwa seorang pria bernama Robin Hood pernah tinggal di Wakefield, Yorkshire, sekitar abad 13 sampai 14.

Makamnya di percaya berada di Kirklees Priory di Clifton, West Yorkshire, seperti yang tertulis dalam kisah kematian Robin Hood pada abad ke-18.
Juga terdapat sebuah pemakaman dengan papan nama Robyn Hode, namun keaslian masih di ragukan oleh banyak pihak.


Bagikan Artikel Ke Sosial Media


Artikel Terkait lainya tentang :

0 Comments

Silahkan berkomentar sesuai tema posting di atas. Komentar jorok, spam, atau tidak relevan, akan kami hapus secara permanen.