14 March 2014

Pembaca Pintar Tidak Tertipu Nama Pena

Taopik Hidayat_14 March 2014

Sebuah tulisan. adalah kata lain dari ucapan yang berlalu-lalang didalam hati dan pikiran si penulis lalu di realisasikan melalui sebuah media tulis
Masing-masing penulis memiliki gaya dan dan cara berbeda dalam menampilkan tulisanya. baik dari segi penyajian, gaya, artikulasi, dan pemilihan kata. Oleh karna itu sepanjang sejarah dunia tulis menulis, tidak pernah di temukan dua pribadi penulis yang identik dalam karyanya.


Jelasnya tidak ada dua pribadi penulis yang memliki kesamaan baik itu penyajian, bahasa dan tekhnik sekaligus. Maka bagi mereka yang peka terhadap sebuah tulisan, yang memiliki kecerdasan pemahaman dan intelektualitas yang mumpuni, tidak akan pernah bisa di bohongi, walau sipenulis memakai nama pena, atau nama samaran.


Contohnya, anda tentu mengenal J.K. Rowling, penulis kisah fantasi “The Lord of The Rings”, Dan penulis kisah fantasi lainya C.S. Lewis dengan seri “Narnia”. Anda juga pasti tahu nama Joanne Rowling .K penulis novel “Harry Potter”, betul.?

Yang tidak tahu, mungkin menyangka Tiga karya besar tersebut ditulis oleh tiga pribadi berbeda, Namun bagi yang pernah membaca buku The Lord of The Rings, Narnia dan Harry Potter,

Dan memahami semua seluk beluk tulisanya, tidak akan tertipu oleh dua nama pena lain yang berbeda. Karna tahu dan paham, dari ciri dan identitas penulisan dua buku tersebut, Hanya dimiliki oleh seorang pribadi Joanne Rowling.

Lantas kenapa para penulis, kadang menyembunyikan nama asli, bahkan dengan nama yang berbeda pada tiap karyanya..? Itu masalah pribadi masing-masing penulis. Saya tak bisa menjelaskanya secara rinci. Namun kebanyakan, sepanjang yang saya tahu adalah menjaga citra dan menghindari ekspose yang berlebihan. Karena penulis dalam satu media dengan melahirkan banyak karya, namun hanya mencantumkan satu nama penulis, terkesan media tersebut seperti kekurangan penulis. Ini wilayah intern penerbit.

Jadi intinya, pahamilah sebuah tulisan dari berbagai sudut. Dan jangan pernah tertipu oleh indah atau buruknya sebuah kemasan. Namun bila yang terjadi adalah sebaliknya, artinya anda masih belum bisa membaca. Apalagi untuk membuat sebuah tulisan bagus yang memikat

Bagikan Artikel Ke Sosial Media


Artikel Terkait lainya tentang :

0 Comments

Silahkan berkomentar sesuai tema posting di atas. Komentar jorok, spam, atau tidak relevan, akan kami hapus secara permanen.