01 May 2014

Agar Aki Mobil Awet Stroom Dipakai Power Audio Besar

Momos Fobetor_01 May 2014

Umumnya bagi pengemudi truck, Jarang sekali yang memperhatikan sistem kelistrikan. Karena itu banyak kejadian mobil tidak kuat di starter. Dan penyebab utama dari masalah ini kebanyakan adalah pemakaian lampu yang berlebihan, Juga penambahan Audio tanpa tahu mekanis pemasanganya secara benar.
Karena itu saya akan berbagi tips bagaimana tentang cara perawatanya. Khusus disini saya akan berbagi tips bagi kawan Trucker yang memakai audio dengan power berkekuatan tinggi.

Mobil yang sudah dilengkapi dengan perangkat audio yang berlebihan, Tentnya akan memerlukan kelistrikan ekstra. Bila tetap hanya mengandalkan aki standar, Maka hal itu akan membuat suplai tidak prima.

Contohnya,
Sebuah mobil truk, rata-rata bertegangan 24 Volt dengan aki 2/12 Volt, Namun kebanyakan mereka menggunakan aki 1/12 volt dengan arus 30 ampere untuk power audio. Ini berarti daya yang dihasilkan adalah 360 watt. Di sisi lain mobil tersebut sudah menggunakan tape/DVD dengan watt besar. Selain itu, juga power amplifier untuk mendongkrak sistem audio yang dipasang.

Bila diasumsikan, tape/DVD menghabiskan 260 watt, Charger HP 140 watt, dan power amplifier 300 watt, maka totalnya adalah 700 watt. Sementara daya yang dipunyai hanya 360 watt. Ini berarti kurang 340 watt. Akibatnya aki tentu saja akan cepat tekor. Oleh karena itu, agar audio yang anda pasang berjalan dengan normal, Sementara aki tidak gampang tekor, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan.

Pertama Dinamo Jalan atau Alternator. Komponen ini harus bisa mengisi aki dengan baik. Karena itu perhatikan kebersihan dan kekencangan socket kabel-kabel. Kalau ada yang kotor atau socket kabel ada yang kendor, cepat bersihkan kencangkan. Atau bila perlu ganti dengan yang baru.
Lakukan perawatan tersebut secara rutin agar sistem bisa digunakan secara optimal, Agar pemasokan arus listrik yang normal dan selalu besar.

Kedua Kabel Aki.
Gunakanlah kabel yang besar untuk suplai stroom terhadap Power Ampli. Karena Makin besar ukuran kabel, itu makin bagus. Karena akan semakin mudah mengalirkan arus listrik.


Ketiga Kabel Ground. Ground di body mobil harus diampelas dulu Sebelum kabel negatif Power dipasang. Biasanya, titik terkuat dan terbaik adalah pada posisi sabuk pengaman. Kalau bisa di double, Karena Penambahan kabel ground amat efektif untuk membuat arus listrik menjadi lebih stabil.




Dan yang terakhir, Coba anda gunakan Capasitor Bank atau cap bank. Peranti ini amat penting perannya untuk mewujudkan arus yang stabil menuju power. Melalui komponen yang berfungsi menyimpan arus sementara ini, listrik akan selalu didistribusikan dengan baik. Hitungan untuk cap bank, 1 Farad untuk 1.000 watt. Untuk lebih aman, gunakan spek 2 Farad.



Bagikan Artikel Ke Sosial Media


Artikel Terkait lainya tentang , :

0 Comments

Silahkan berkomentar sesuai tema posting di atas. Komentar jorok, spam, atau tidak relevan, akan kami hapus secara permanen.