03 January 2015

Sebab Umat Beragama Sulit Berdamai

Taopik Hidayat_03 January 2015

Taohids Online - Kita semua tahu, bahwa setiap perbedaan agama tentu beda pula Tuhanya. Itu disebabkan karena Tuhan berada didalam umat setiap Agama. Itu artinya Tuhan berada didalam diri manusia yang beragama. Dalam batin, dalam kesadaran, juga dalam imajinasi umat beragama. Yang isinya adalah semua mimpi yang tidak tercapai, sedangkan impian itu tanpa batas. Sejauh mana mereka sanggup melakukan abstraksi, maka sejauh itulah keluasan Tuhan dalam batin mereka. sedang diluar diri mereka, Tuhan itu tidak ada.

Jadi jelas Tuhan itu ada dalam diri manusia, bukan manusia ada di dalam Tuhan. Sebab itu menyembah Tuhan, sama dengan menyembah diri sendiri. Namun karena hal tersebut tidak realis atau menyalahi prilaku, lantas mereka menciptakan objek sesembahan sebagai simbolis, Kemudian menjadikan diri sendiri sebagai budak dari objek yang mereka ciptakan sendiri.

Sebab itulah masing-masing umat beragama, akan marah, atau setidaknya tersinggung saat simbol Tuhan yang mereka sembah di singgung umat agama lain. Karena itu artinya sama dengan menyinggung diri mereka sendiri. Yang sudah dengan susah payah membangun objek sesembahan mereka.

Itulah sebabnya kenapa masing masing pemeluk umat beragama, selalu tidak bisa berdamai. Karena semua nilai moral, kebaikan dan kebenaran dalam segala aspek kehidupan, harus selalu merujuk pada standar Tuhan masing masing.

Bagikan Artikel Ke Sosial Media


Artikel Terkait lainya tentang :