28 February 2015

Pendapat Kurang Ajar Saya Tentang Debat Agama.

Taopik Hidayat_28 February 2015

Apapun namanya, sebuah forum yang bertemakan Debat antar Keyakinan atau Debat antar Agama, itu tidak akan bisa lepas dari kata SARA. Karena itu adalah nafasnya. 
Dan ini bagus. 
Artinya Debat lintas sara itu perlu kita galakan, tidak perlu menghindari atau membungkam SARA, justru pupuklah h sejak dini dalam kesadaran anda masalah SARA.  Karena hanya dengan cara seperti ini kita bisa mengetahui hakikat sebuah perbedaan. Baik perbedaan ras, suku, bahkan antar agama. 

Sebaliknya bila debat masalah SARA kita bungkam, bagaimana kita bisa mengatakan saling menghargai perbedaan, kalau point perbedaan tersebut tidak kita ketahui secara pasti!? 

Misalnya umat beragama, masing masing umat selalu saja menganggap setiap Agama itu berbeda. Dari sisi luar memang bisa saja nampak berbeda. namun kenyataan dari sisi dalam, belum tentu. Contohnya umat Muslim, dari sisi luar  mereka paham kalau umat Kristen itu menyembah manusia atau menuhankan Yesus. Namun dari sisi dalam, apa benar pemahaman  umat Kristen sama dengan pemahaman umat Muslim.? Apa benar menurut pemahaman umat Kristen sendiri mereka menyembah manusia dan menuhankan Yesus.? 
Belum tentu..! 
Nah disinilah pentingnya Debat Agama, debat lintas SARA. 

Namun yang perlu di garis bawahi, adalah peran penting kedewasaan bagi  masing masing pendebat. Artinya  saat kita menemukan perbedaan, tidak perlu pake emosi, tanggalkan semua atribut keegoisan. Lalu maklumi perbedaan tersebut dengan kedewasaan beragama juga kedewasaan intelektual. Siapa tahu setelah Debat antar agama, kita malah banyak menemukan kesamaan dari pada perbedaanya. 
Dan tentunya itu bisa menjadi jalan saling menghargai dalam arti yang sebenarnya. 

Sekarang silahkan anda lihat kenyataan yang ada, setelah banyak pihak  membungkam SARA, perang dingin antar agama, antar suku, antar kampung, antar sekolah, antar suporter, selalu saja membayangi kehidupan kita. 
Apa sebab.? 
Karena mereka tidak saling menghargai. 
Kenapa tidak saling menghargai.? 
Karena tidak tahu, apa yang harus mereka hargai. 
Kenapa tidak tahu.? 
Karena ini  SARA 

Sekian
Taohids.

Bagikan Artikel Ke Sosial Media


Artikel Terkait lainya tentang , :

0 Comments

Silahkan berkomentar sesuai tema posting di atas. Komentar jorok, spam, atau tidak relevan, akan kami hapus secara permanen.