30 March 2015

Mengenal Lebih Jauh Istilah Seks dan Gender

Taohids Channel_30 March 2015

Dalam istilah umum yang digunakan orang Indonesia, Seks dan Gender memiliki arti yang sama, Yiatu Jenis Kelamin. Dan kita sebagai orang awam, menganggap bahwa kedua istilah tersebut memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk membedakan antara Laki laki dan Perempuan. Padahal keduanya memiliki makna yang sangat berbeda.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, istilah gender belum masuk pada perbendaharaan katanya. Namun dalam instansi kementrian urusan peranan wanita (Buku III: Pengantar Teknik Analisa Jender), istilah Jender sudah biasa digunakan. Yang diartikan sebagai "interpretasi mental dan kultural terhadap perbedaan kelamin yakni laki-laki dan perempuan. Jender biasanya dipergunakan untuk menunjukkan pembagian kerja yang dianggap tepat bagi laki-laki dan perempuan".

Jadi kesimpulanya, Gender itu bukan sesuatu yang bersifat kodrati, tapi suatu konsep yang digunakan untuk mengidentifikasi perbedaan laki-laki dan perempuan dilihat dari segi pengaruh sosial budaya. Gender dalam arti ini adalah suatu bentuk rekayasa masyarakat (social constructions).

Intinya, perbedaan makna seks dan gender adalah :
Seks secara umum digunakan untuk mengidentifikasi perbedaan laki-laki dan perempuan dari segi anatomi biologi. Sedangkan Gender secara umum digunakan untuk mengidentifikasi perbedaan laki-laki dan perempuan dari segi sosial budaya. 

Bagikan Artikel Ke Sosial Media


Artikel Terkait lainya tentang :

0 Comments

Silahkan berkomentar sesuai tema posting di atas. Komentar jorok, spam, atau tidak relevan, akan kami hapus secara permanen.