30 March 2015

Sebab Islam Menggunakan Simbol Bulan Sabit

Momos Fobetor_30 March 2015

Sebagai pakar filsafat dan perbandingan Agama, sebetulnya saya merasa heran kenapa Bahasa Al Qur'an saat menyebut benda alam atau nama-nama benda yang menakjubkan seperti matahari (al-syams), bulan (al-qamar), langit (al-sama'), angin (al-rih), tanah, bumi (al-ardl), jiwa (al-nafs), dan lain sebagainya dikategorikan dalam bentuk (bahasa) Perempuan (mu'annats).
Selidik punya selidik, ternyata bahasa Qur'an itu menjiplak faham mitologi Yunani, Mesir Kuno dan Asia Tengah. Yaitu faham The Mother God.

Contohnya adalah Bulan, oleh penganut paganisme bulan dianggap sebagai "Ibu Alam Semesta" (The Mother, of Universe). Karena bulan mempunyai cahaya yang membawa kesuburan dan sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup. Bahkan bangsa Arab pra Islam, masih banyak yang menganggap bahwa bulan adalah dewi yang sangat berpengaruh.

Dan menurut Barbra Walker dalam bukunya yang berjudul The Women's Encyclopaedia of Myths and Sacrets mengatakan, itulah sebabnya mengapa simbol umat Islam dari awal sampai sekarang menggunakan simbol Bulan Sabit.

Bagikan Artikel Ke Sosial Media


Artikel Terkait lainya tentang :

0 Comments

Silahkan berkomentar sesuai tema posting di atas. Komentar jorok, spam, atau tidak relevan, akan kami hapus secara permanen.