30 March 2015

Sebab Perempuan Menjadi Masyarakat Kelas Dua

Taohids Channel_30 March 2015

Dulu, kehidupan sosial manusia pada jaman pra-frimitif , atau yang disebut dengan masyarakat savage society adalah menganut system maternal. Yaitu system bermasyarakat dimana wanita lebih dominan dari pada pria, baik dalam berorganisasi maupun berkeluarga. Dan menurut buku Woman's Evolution yang berjudul From Matriarchal Clan to Patriarchal Family yang ditulis Evelyn Reed, Kala itu keadilan sosial dan kesetaraan gender sudah terjadi dengan baik.

Namun menurut teori Marxis dan Frederick Engels, karena semakin berkembangnya pemikiran manusia maka terjadilah peralihan dari collective production ke private property, hingga menyebabkan dominasi perempuan 1 juta tahun yang lalu menjadi tergeser, fungsi reproduksi perempuan tidak berdaya melawan faktor produksitifitas laki laki.

Ditambah dengan datangya agama ribuan tahun lalu, membuat pergeseran From Matriarchal Clan to Patriarchal Family menjadi semakin nyata, khususnya agama Abrahamik. Ketiga agama tersebut mengajarkan faham patriarki kepada penganutnya. Contohnya agama Yahudi, Kristen, dan Islam, mereka sangat mentolerir faham misogyny. Kasarnya mereka menganggap perempuan adalah sumber malapetaka, dan itu tertulis dalam Kitab Suci mereka. Dimana karena rayuan Hawa-lah Adam jatuh dari sorga.
Ini sama dengan proses peralihan dari The Mother God ke The Father God dalam mitologi Yunani.

Bagikan Artikel Ke Sosial Media


Artikel Terkait lainya tentang :

0 Comments

Silahkan berkomentar sesuai tema posting di atas. Komentar jorok, spam, atau tidak relevan, akan kami hapus secara permanen.