23 August 2015

Manusia Bernama "TUHAN" ? Why Not..!?

Taohids Channel_23 August 2015

Belakangan ini netizen digegerkan oleh seorang pria asal Banyuwangi yang bernama "TUHAN". Di sebut geger, karena memang nama ini bagi kebanyakan orang adalah nama yang cukup kontroversi. Ada yang pro, dan banyak pula yang kontra. Bahkan menurut seorang ustadz, pemberian nama TUHAN terhadap manusia, itu jelas sesuatu yang salah.

Tuhan, berasal dari bahasa sansakerta yang berarti pencipta. Maka siapapun dia yang menciptakan sesuatu, berarti dia adalah Tuhan bagi ciptaanya.
Contohnya Allah SWT, Dia dipercaya oleh umat muslim bahwa Dia adalah pencipta alam semesta beserta isinya. Maka umat muslim sepakat bahwa Allah SWT itu adalah Tuhan. Jadi Tuhan itu adalah sebutan untuk sang pencipta secara luas. Bukan nama sang pencipta secara khusus.

Intinya, kalimat Tuhan itu bersifat universal. Itulah sebabnya sepanjang sejarah adanya Tuhan, tidak ada kesepakatan secara mutlak tentang devinisi Tuhan baik menurut teisme, deisme, panteisme, ataupun yang lainya.

Lalu sekarang, apa salahnya bila seorang manusia bernama TUHAN..?
Dan menurut saya, tidak ada yang salah..!
Namun bila seseorang itu bernama Allah, apalagi ditambah embel embel SWT, itu jelas salah. Karena bagi saya sebagai umat muslim, orang tersebut sudah menyamai atau melecehkan Nama sang pencipta, Tuhan yang saya sembah.

Sebaliknya saya tidak akan pernah peduli bila orang tersebut memiliki nama yang disembah oleh orang lain, Misalnya Jesus, YHWH, Brahman, Wisnu, atau yang lainya.
Apalagi cuma nama "TUHAN"


Pencipta Taohids Online
TUHAN

Bagikan Artikel Ke Sosial Media


Artikel Terkait lainya tentang :