19 February 2018

Apa Itu Situs Web.?

Momos Fobetor_19 February 2018

Saat anda berada di dunia internet, anda tidakakan pernah bisa mengelak dari yang namanya situs web. Karena apapun yang anda cari dan anda butuhkan, semua ada di situs web. Namun sebelumnya, mari kita berkenalan dulu dengan yang namanya Situs Web.
Apa itu situs web.?
Situs web atau dalam bahasa inggrisnya bernama Website adalah adalah suatu halaman web yang saling berhubungan, yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL.

Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di Internet disebut pula sebagai World Wide Web atau lebih dikenal dengan singkatan WWW. Meskipun setidaknya halaman beranda situs Internet umumnya dapat diakses publik secara bebas, pada praktiknya tidak semua situs memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan meminta pembayaran untuk dapat menjadi aggota untuk dapat mengakses isi yang terdapat dalam situs web tersebut.

Misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surel (e-mail), dan lain-lain. Pembatasan pembatasan ini umumnya dilakukan karena alasan keamanan, menghormati privasi, atau karena tujuan komersial tertentu. Sumber : Wikipedia

Dari keterangan diatas, sekarang mari kita garis bawahi pada kalimat terakhir, yaitu tentang pembatasan situs web karena alasan keamanan, hak privasi atau yang lainya. Pembatasan ini menurut saya erat sekali kaitanya dengan keamanan situs.
Keamanan situs terbagi menjadi 3 opsi
Pertama situs Aman
Kedua situs Netral, bisa aman bisa juga tidak aman.
Dan yang terakhir adalah situs tidak aman atau berbahaya.

Lalu bagaimana caranya memeriksa keamanan sebuah situs, dan bagaimana mengenali sebuah situ berbahaya atau tidaknya saat kita kunjungi..?
Nantikan jawabanya pada posting berikutnya.
Terima Kasih.


Bagikan Artikel Ke Sosial Media


Artikel Terkait lainya tentang :

0 Comments

Silahkan berkomentar sesuai tema posting di atas. Komentar jorok, spam, atau tidak relevan, akan kami hapus secara permanen.