19 February 2018

Cara Memeriksa Keamanan Sebuah Situs dan Tandanya

Momos Fobetor_19 February 2018

Contoh situs web yang aman saat dikunjungi, bisa anda lihat pada gambar dibawah ini

Contoh situs web yang aman untuk dikunjungi

Dari gambar diatas, sekarang kita jadi tahu bagaimana memeriksa keamanan sebuah situs web. Saat memeriksa situs pada gambar diatas, saya menggunakan Chrome untuk browsing. Dan untuk mengetahui keamanan sebuah situs untuk chrome bisa dilihat pada bagian kiri alamat atau url website seperti pada kotak orange di gambar. Pada dasarnya untuk mengecek keamanan sebuah situs pada semua aplikasi browser semuanya sama, jadi anda tinggal ikuti saja cara diatas.

Lalu bagaimana mengetahui tanda sebuah situs web aman atau tidak saat dikunjungi.?
Pada postingan sebelumnya, yaitu tentang Apa Itu Situs Web? sudah saya jelaskan jika jenis keamanan situs web itu terbagi menjadi 3 opsi. Tandanya bisa anda lihat pada gambar dibawah ini
Tiga Tanda Keamanan Situs Web

Pertama situs aman untuk dikunjungi. Biasanya situs yang aman selalu ditandai oleh logo kunci gembok dan bertuliskan Aman. Pada situs aman anda bisa dan boleh memasukan apa saja yang bersifat pribadi dengan aman, misalnya, memasukan email, dsb.

Kedua situs info atau tidak aman, biasanya situs seperti ini ditandai oleh huruf I dalam lingkaran. Situs seperti ini biasanya tidak menggunakan koneksi pribadi. Seseorang mungkin dapat melihat atau mengubah informasi yang Anda kirim atau dapatkan melalui situs ini. Anda juga mungkin bisa melihat pesan "Login tidak aman" atau "Pembayaran tidak aman". Sebaiknya Anda tidak memasukkan informasi sensitif, seperti sandi atau kartu kredit.

Dan yang terakhir adalah situs tidak aman atau berbahaya. Biasanya situs seperti ini ditandai dengan segi tiga berwarna merah dengan tanda seru berwarna putih di dalamnya. Dan saya menghimbau agar jangan pernah mengunjungi situs seperti ini. Karena setahu saya kebanyakan yang mereka publikasikan adalah konten fishing, maleware, dan sejenisnya yang berbahaya.

Bagikan Artikel Ke Sosial Media


Artikel Terkait lainya tentang :

0 Comments

Silahkan berkomentar sesuai tema posting di atas. Komentar jorok, spam, atau tidak relevan, akan kami hapus secara permanen.