03 March 2018

Sebab Saya Tobat Merasa Benar

Momos Fobetor_03 March 2018

Sebab Saya Tobat Merasa Benar - Dulu, seperti anda sayapun pernah terpasung oleh kebenaran. Kenapa saya sebut terpasung.? Karena kebenaran itu ternyata berasal dari batas cakrawala pengetahuan saya sendiri. Dan itu tidak bersifat permanen tapi sementara. Tergantung seberapa besar keinginan untuk memperluas cakrawala pengetahuan.

Dulu saat masih kecil, saudara saya pernah mengatakan, kalau LINI (gempa) itu nama burung yang hinggap di atap lalu menggoyang-goyangkan rumah. Saya aamiini itu dan di batinkan sebagai sebuah kebenaran. Namun setelah agak besar, setelah mempelajari ilmu geografi disekolah, saya jadi tahu, kalau gempa itu timbul karena pergerakan lempeng bumi.
Jadi saat saya ngotot dengan kebenaran yang selalu saya anggap benar, itu artinya cakrawala pengetahuan saya sempit dan kurang referensi. Penyebabnya mungkin karena saya tidak berani untuk keluar. Tidak terbuka untuk pengetahuan-pengetahuan lain. Ini mirip seperti katak dalam tempurung atau kerbau dicucuk hidung. Kebenaranya hanya sebatas rentang tali yang mengikatnya.

Bagikan Artikel Ke Sosial Media


Artikel Terkait lainya tentang :

0 Comments

Silahkan berkomentar sesuai tema posting di atas. Komentar jorok, spam, atau tidak relevan, akan kami hapus secara permanen.