30 December 2019

2 Warga Pakistan Ditangkap Gegara Minta Sumbangan

Taohids Online_30 December 2019

2 Warga Pakistan Ditangkap Gegara Minta Sumbangan
Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kota Depok menangkap dua WNA asal Pakistan
yang meminta sumbangan dan kerap resahkan warga, Jumat (27/12/2019)
(KOMPAS.com/ANGGITA NURLITASARI)


Bagi warga timur tengah baik imigran yang sudah menjadi Warga Negara Indonesia ataupun yang sengaja datang menggunakan visa, tahu betul bagai mana sikap orang orang Indonesia. Dari dulu memang terkenal karena kebaikan dan kesopanannya. Apa lagi jika menyangkut persaudaraan sesama muslim, orang Indonesia juara 1 kalau masalah itu.

Lihat saja bagaimana besarnya kepedulian umat Islam terhadap muslim lainya walau berbeda negara, contohnya seperti kepada muslim Palestina, Muslim Rohingya, atau Muslim Uighur. Mereka bahkan mau mencaci pemerintahnya sendiri demi saudara seimanya yang jauh disana. Kebaikan inilah yang dimanfaatkan sebaik baiknya oleh 2 WNA asal Pakistan, yaitu dengan cara meminta sumbangan kepada warga dan sejumlah mesjid di kota Depok, Bogor, dan Bekasi.

Seperti yang diberitakan oleh KompasDotCom, 2 WNA Pakistan ini menggunakan visa D212 yang memungkinkan mereka bisa tinggal di Indonesia selama 60 hari atau kurang lebih dua bulan. Saat meminta sumbangan, keduanya mengatas namakan sebuah lembaga di Pakistan yang bernama Madrasa Arabiah, lalu mengirimkanya kepada seorang warga Pakistan bernama ABG melalui Western Union.

Atas perbuatannya, kedua WNA Pakistan ini dijerat Pasal 122 huruf A dan B Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 dengan hukuman penjara paling lama 5 tahun, dan denda Rp 500 juta. Mereka terbukti menyalahgunakan atau melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan maksud dan tujuan pemberian izin tinggal yang diberikan.

Jadi berhati-hatilah saat anda mempunyai niat untuk menyumbang. Memang betul apapun yang kita kerjakan tergantung dari niat, tapi anda tentu tidak akan mau seandainya harta yang anda sumbangkan ternyata disalah gunakan. Bukan disalurkan kepada yang berhak tapi malah di pake foya-foya atau bahkan dipakai untuk memperkaya diri sipeminta sumbangan.

Bagikan Artikel Ke Sosial Media


Artikel Terkait lainya tentang , :

0 Comments

Silahkan berkomentar sesuai tema posting di atas. Komentar jorok, spam, atau tidak relevan, akan kami hapus secara permanen.