19 December 2019

Jokowi Versus Lobster, Siapa yg Menang?

Taohids_19 December 2019

Dulu sempat kaget saat emak-ku syantik Susi Pujiastuti tidak lagi menjabat menteri KKP, apa lagi penggantinya ternyata dari pihak oposisi. Tapi sekarang benang merahnya sudah mulai nampak.


Susi Pujiastuti


Itu di mulai dari rencana dicabutnya kebijakan populis Bu Susi tentang larangan ekspor benih lobster. Bu susi tentu saja berteriak lantang. Beliau beralasan penjualan lobster dewasa tentu akan lebih menguntungkan secara ekonomi, selain terbukanya lapangan pekerjaan sebagai pembudidaya lobster.

Menteri KKP yg sekarangpun mempunyai alasan atas rencananya. Yaitu kebijakan Bu Susi yang melarang ekspor benih lobster, sudah merugikan negara sampai 900 miliar per tahun atas penyelundupan benih lobster ke luar negeri. Jadi dari pada diselundupkan, lebih baik buka saja sekalian.


Lalu bagai mana sikap Presiden Joko Widodo menyikapi masalah ini.!? Secara tidak langsung, ternyata sikap pak Jokowi mendukung langkah menteri KKP. Dan itu berarti benar, bahwa tidak ada visi misi menteri dalam kabinet Jokowi, yang ada adalah visi misi Presiden.

Lalu apakah rencana pencabutan larangan benih lobster ini sudah tepat.!?
Banyak pihak yang mengecam rencana ini,  Kalau menurut pendapat saya, ini jelas ngawur. Saya setuju dengan alasan Bu Susi yang populis atau pro rakyat.


Lalu bagai mana menurut pendapat para pendukung militan Pak Jokowi.!?
Hampir tidak bersuara. Karena seperti kita ketahui, kebanyakan penggemar Bu Susi adalah para pendukung Pak Jokowi. Jadi mereka tentu akan kesulitan untuk menentukan sikap.


Namun karena menteri KKP sekarang berasal dari pihak oposisi, mau tidak mau mereka harus mengutuk kebijakannya. Artinya mereka tetap membela kebijakan Bu Susi walaupun bertentangan dengan sikap Presiden.

Itulah hebatnya langkah catur Pak Jokowi memasang oposisi di Kementrian KKP, dengan begitu pendukung Pak Jokowi tidak akan mengutuk Pak Jokowi walaupun kebijakanya ngawur.



Bagikan Artikel Ke Sosial Media


Artikel Terkait lainya tentang :

0 Comments

Silahkan berkomentar sesuai tema posting di atas. Komentar jorok, spam, atau tidak relevan, akan kami hapus secara permanen.